Senin, 29 April 2013

Cantik, Sehat dan Bugar Alami ala Orang Sunda

Menjadi wanita cantik dan sehat adalah dambaan setiap wanita, khususnya cantik secara lahiriah. Banyak wanita yang rela berkorban secara fisik dan materi hanya untuk mendapatkan kesempurnaan dalam berpenampilan. Tidak sedikit dari mereka pula yang menjadi korban dan akhirnya gagal memiliki fisik sempurna. Ujung-ujungnya justru kerusakan hingga tahap permanen pada penampilan yang tadinya ingin mereka ubah menjadi bentuk yang menarik.

Sebenarnya kecantikan yang sempurna dapat dimiliki oleh setiap wanita. Buktinya masih banyak wanita yang  cantik alami tanpa harus repot-repot melakukan perawatan yang luar biasa menguras tenaga, pikiran, dan tentunya material.

Kecantikan dan kesehatan yang luar biasa sempurna itu bisa didapatkan dengan cara yang efektif serta efisien. Cukup dengan menjaga pola makan dan gaya hidup karena ada 3 hal yang perlu diingat dalam benak kita, yaitu 

"You are What You Eat, 
You are What You Think, and 
You are What You Do"


Yuk, mari kita coba bahas mulai dari pola makan. Berikut ini ulasannya.

Makanan yang kita makan terdiri atas 3 zat gizi utama, yaitu karbohidrat, protein, dan lemak. Ketiga zat gizi tersebut menyumbangkan energi paling banyak dalam komposisi makanan yang kita makan seharinya. Kontribusi energi dalam makanan yang berasal dari karbohidrat dan protein sebesar 4 kalori tiap 1 gram. Lain halnya dengan karbohidrat dan protein, lemak menyumbangkan energi paling besar yaitu sebesar 9 kalori tiap 1 gram makanan. Sisanya zat gizi yang kita peroleh dari makanan berupa vitamin, mineral, dan air.

Umumnya, tiga zat gizi yang terakhir disebutkan sering diabaikan bahkan mungkin dilupakan untuk dikonsumsi dalam porsi yang memadai. Akibatnya, banyak dari kita yang sering atau mudah terkena infeksi/penyakit karena bakteri ataupun virus. Meskipun dibutuhkan dalam jumlah yang relatif sedikit, vitamin, mineral, dan air sangat penting dipenuhi untuk menjaga homoestatis (keseimbangan) tubuh. Selain itu,  zat gizi tersebut sangat berperan dalam menangkal radikal bebas, pergantian sel-sel kulit yang telah mati, kesehatan reproduksi, dan ada juga yang ikut aktif dalam proses kerja otot. Lalu bagaimana kita bisa memperoleh vitamin, mineral, dan air dalam jumlah yang cukup?


Sayur dan buah merupakan makanan yang kaya akan zat gizi mikro, seperti vitamin, mineral, air, dan serat. Pastinya kita cukup mengenal karakter orang Sunda yang cukup akrab dalam mengonsumsi sayur dan buah. Biasanya sayur atau buah yang mereka konsumsi masih dalam kondisi mentah dan lebih dikenal dengan nama "lalapan". Sehingga ada anggapan lucu, kalau misalnya orang Sunda dilepas di kebun sayuran atau tersesat di kebun sayuran dan buah, mereka akan tetap hidup karena memakan sayuran atau buah yang ada di kebun tersebut.

Jika kita amati wanita-wanita Sunda, mereka memiliki kulit yang terbilang mulus luar biasa. Selain itu mereka terlihat awet muda dan cantik alami. Saya pun jadi teringat sama teman satu kantor. Teman saya itu adalah wanita keturunan Sunda asli. Setiap hari dia tidak pernah ketinggalan mengonsumsi buah. Apapun buahnya dia lahap dengan nikmatnya. Sebagai hasil dari pola hidupnya yang senantiasa mengonsumsi buah, teman saya itu memiliki kulit cantik khas alami wanita Sunda yang membuat iri wanita yang lain.

Konsumsi sayur dan buah tidak ada batasannya, oleh karena itu sangat baik dijadikan makanan cemilan. Mulai sekarang jauhkan segala macam makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak yang sangat tinggi. Segera penuhi lemari pendingin kita dengan sayur dan buah. Saat ini banyak sekali kreasi makanan yang bahan utamanya berasal dari sayur dan buah. Jadi kita tidak merasa bosan dengan menu sayur dan buah yang monoton.

Selanjutnya, jika kecantikan dan kesehatan lahiriah sudah dipenuhi, maka yang perlu dilakukan adalah memperhatikan kebugaran. Kebugaran diperoleh dengan rutin melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Sebaiknya dalam 1 minggu intensitas olahraga minimal dilakukan sebanyak 3 kali dengan durasi masing-masing 30-60 menit. Bagi yang ingin melakukan aktivitas fisik di dalam ruangan, berikut ini beberapa rekomendasi peralatan yang dapat dijadikan pilihan olahraga yang efektif dan efisien.

Saat melakukan aktivitas fisik biasanya tubuh akan mengalami kekurangan cairan karena produksi keringat yang tinggi. Untuk mengembalikan cairan tubuh, dianjurkan untuk mengonsumsi air mineral. Dalam aktivitas sehari-hari, konsumsi air tidak hanya berasal dari air yang kita minum namun juga dapat berasal dari sayur dan buah. Sehingga ada keterkaitannya antara konsumsi sayur dan buah dengan pemenuhan kebutuhan tubuh akan air. Sebagian besar para ahli memberikan anjuran untuk mengonsumsi minimal 8 gelas air tiap harinya. Maksud 8 gelas air tiap hari bukan berarti kita minum air dari 8 gelas. Namun, 8 gelas air tersebut dapat diperoleh dari konsumsi sayur dan buah.


Demikianlah tips untuk menuju cantik, sehat dan bugar secara alami. Belum lengkap rasanya jika tips-tips kecantikan dan kesehatan di atas tanpa "senjata perang". Apa saja sih "senjata perang" itu dan bagaimana cara memperolehnya? silakan klik link berikut:

http://www.lazada.co.id/inspirasi-kartini/
atau
http://www.lazada.co.id/beli-Alat-Kesehatan-Kecantikan/

Terakhir, perbanyak berpikir positif dan tebarkan senyum untuk semua orang sebagai polesan sejati diri kita. Segera kita lakukan mulai dari diri sendiri dan saat ini juga. Mudah kan??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar ya di sini, terima kasih.